4 Manfaat Santan untuk Rambut

Manfaat Santan

Saat pertama mendengar nama santan kelapa, pasti yang terlintas dipikiran kita adalah makanan. Benar saja, karena santan kelapa seringkali digunakan sebagai salah satu bahan untuk menambah cita rasa sebuah makanan. Biasanya makanan yang dibuat dengan santan adalah makanan yang berkuah dan sedikit berminyak.

Namun apakah Anda pernah mendengar manfaat santan untuk rambut? Memang akan terdengar sedikit aneh, apalagi untuk orang yang baru pertama kali medengarnya. Namun santan memang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa jenis masalah kulit kepala dan rambut. Penasaran? Simak ulasan lengkap mengenai manfaat santan untuk rambut dan kulit kepala di bawah ini.

  1. Memperbaiki rambut

Santan dapat digunakan sebagai media perawatan rambut rusak secara alami. Santan mengandung berbagai macam nutrisi dan minyak yang akan memberikan kelembaban pada rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

Anda bisa memanfaatkan santan kelapa untuk cream bath. Berikan beberapa tetes santan ke kulit kepala hingga merata sambil memijat dengan lembut selama kurang lebih lima menit. Kemudian diamkan selama 20 menit agar khasiatnya meresap dan keramas seperti biasa. Perawatan ini akan memulihkan rambut rusak, kering, rapuh dan bercabang dan meningkatkan kesehatan folikel rambut Anda.

  1. Kondisioner alami

Untuk mendapatkan rambut lembut serta mudah di atur, Anda bisa menggunakan santan sebagai kondisioner. Santan menjadi kondisioner alami yang dapat membuat rambut Anda tidak kusut lagi. Cukup aplikasikan santan kelapa setelah Anda keramas layaknya kondisioner biasa secara rutin.

  1. Mengatasi ketombe

Masalah kulit kepala ini dapat muncul akibat pengelupasan kulit kepala yang dipicu oleh ketidakseimbangan pH kulit kepala atau bakteri. Selain serpihan putihnya, ketombe akan mengakibatkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Menggunakan santan untuk mengatasi ketombe akan memberikan sensasi rasa dingin pada kulit kepala.

Tidak hanya itu, santan juga akan menyeimbangkan pH kulit kepala yang terganggu karena bakteri atau bahan kimia dari berbagai produk perawatan rambut. Anda bisa memanfaatkan santan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami yang layak dicoba.

Untuk mengusir ketombe, campurkan setengah gelas santan, setengah gelas air kelapa dan satu gelas jus nanas. Gunakan campuran ini untukĀ  mencuci rambut dan kulit kepala Anda setiap lima hari sekali. Setelah perawatan ini cuci rambut dan kulit kepala Anda dengan sampo anti ketombe berformulasi ringan.

  1. Menyuburkan rambut

Manfaat santan untuk rambut yang selanjurnya adalah dapat merangsang pertumbuhan rambut sekaligus mengurangi kerontokan rambut. Hal ini mampu dilakukan santan sebab kandungan protein dan minyak esensial di dalamnya. Ini juga merupakan cara memanjangkan rambut secara alami yang patut Anda coba. Selain itu kandungan protein pada santan juga akan memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok.

Jika ingin memiliki rambut subur dan tidak mudah rontok, rutinlah menggunakan santan kental sebagai bahan cream bath. Berikan pijatan ke kulit kepala selama proses perawatan untuk membantu memperlancar sirkulasi darah serta agar nutrisi santan dapat terserap sempurna. Kemudian biarkan selama 15 menit sebelum dibilas bersih.